LAM- PT.Kes VISITASI STIKES MUHAMMADIYAH GOMBONG

Berita Terkini

Senin, 22/07/2019 LAM-PT.Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan) melakukan visitasi Program Studi Farmasi Program Sarjana STIKes Muhammadiyah Gombong. Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Bentuk penilaian mutu eksternal yang lain adalah penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin, pemberian lisensi oleh badan tertentu.

Bagi Perguruan Tinggi akreditasi Program Studi adalah suatu hal yang sangat penting untuk menentukan kualitas, dengan akreditasi berarti adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan Program Studi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh LAM-PT. Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan). Standar tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Diawal acara sambutan Ketua STIKes Muhammadiyah Gombong sekaligus pemaparan profil melalui tayangan Video Profil Institusi dilanjutkan perkenalan assesor yg disampaikan Prof. Dr. H. Achmad Syahrani, Apt, MS, selaku perwakilan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT.Kes) saat memberikan sambutan dalam pembukaan Visitasi Akreditasi Program Studi Farmasi Program Sarjana STIKes Muhammadiyah Gombong,

Institusi menyambut penuh antusias visitasi LAM-PT.Kes, akreditasi adalah hal besar yang harus dipersiapkan dengan matang oleh karena itu sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dan ini disampaikan oleh Ketua STIKes Muhammdiyah Gombong Hj. Herniyatun, M.Kep, Sp. Mat beliau juga mengajak seluruh karyawan untuk menghadapi akreditasi dengan gembira, Beliau juga menambahkan status akreditasi suatu Program Studi merupakan cermin kinerja Program Studi yang bersangkutan dan menggambarkan mutu, efisiensi, serta relevansi suatu program studi yang diselenggarakan dan hasil ini akan berpengaruh kepada seluruh elemen yang terkait dengan institusi.

Selain Prof. Dr. H. Achmad Syahrani, Apt, MS, (UNAIR) assesor yang bertugas adalah Subehan, S.Si.,M.Pharm.Sc.,Ph.D.,Apt (UNHAS) Kegiatan berlangsung di Ruang Kuliah 1, mulai pukul 08.00 WIB dihadiri oleh pihak intern STIKes diantaranya Tim Akreditasi Institusi, QMS, Pimpinan Intitusi, unit-unit pendukung Institusi dan tidak lupa menghadirkan mahasiswa, alumni serta pengguna lulusan/stakeholder.

Tujuh standar penilaian yang diperiksa oleh tim asesor, diantaranya Standar 1 Penilaian Visi dan Misi, Standar 2 Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, Standar 3 Mahasiswa dan Lulusan, Standar 4 Sumber Daya Manusia, Standar 5 Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, Standar 6 Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, dan Standar 7 Penelitian, Pelayanan, dan Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama.

Dengan pelaksanaan visitasi akreditasi Program Studi Farmasi Program Sarjana ini diharapkan memperoleh hasil yang terbaik sesuai dengan yang telah dicita-citakan Program Studi Sarjana Farmasi STIKes Muhammdiyah Gombong menjadi pusat pendidikan farmasi yang unggul dalam bidang farmasi klinik dan herbal, inovatif serta islami.